Makam Syech abu bakar bin salim |
Ramalan Para Wali Allah Mengenai Keagungan Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar Bin Sãlim R.A
Kelahiran beliau sebelumnya telah banyak diramalkan oleh para Auliya’ terkemuka dizaman itu jauh sebelum kelahiran beliau, beberapa Auliya’ tersebut diantaranya :Al-Imâm As-Syarif Al-‘Arif billah Al-Mukasyif Shohibul Karomah Al-Khawariq Al-‘Adah As-Sayyid Ahmad bin Alwi yang tinggal di daerah “Maryamah”; sekali waktu beliau ini datang ke ‘Iynat dan beliau duduk di sebidang tanah yang pada w
“Kamilah raja sejati, bukan yang lain. Demi Allah, selain kami, tak diketemukan raja lain. Kekuasaan pada raja hanyalah istilah belaka. Namun mereka bangga dan membuat kerusakan di dunia. Kemuliaan tanpa Allah adalah kehinaan sejati. Dan merasa mulia dengan Allah adalah kemuliaan yang hakiki.”
Kelahiran beliau sebelumnya telah banyak diramalkan oleh para Auliya’ terkemuka dizaman itu jauh sebelum kelahiran beliau, beberapa Auliya’ tersebut diantaranya :Al-Imâm As-Syarif Al-‘Arif billah Al-Mukasyif Shohibul Karomah Al-Khawariq Al-‘Adah As-Sayyid Ahmad bin Alwi yang tinggal di daerah “Maryamah”; sekali waktu beliau ini datang ke ‘Iynat dan beliau duduk di sebidang tanah yang pada w
aktu itu hanya berupa semak belukar dan bebatuan (yang nantinya akan didiami oleh As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra)
Al-Imâm Ahmad bin Alwi Ra. berhenti ditempat tersebut dan beliau berkata kepada masyarakat yang hadir di waktu itu :“Akan lahir salah seorang anak kami yang akan mempunyai keagungan dan ia akan tinggal ditempat ini” Al-Imâm Ahmad bin Alwi Ra. selanjutnya berjalan berkeliling kota ‘Iynat sambil sesekali beliau menunjukkan tempat-tempat yang berkaitan kelak nantinya dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., beliau menunjukkan tempat yang akan dibangun Masjid oleh As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., dan beliau sempat Sholat disana, beliau juga menunjukkan tempat yang mana disana kelak akan dibangun rumah As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra.
Al-Imâm Al-Habib Ali Al-Habsyi Ra (Shohibussimthudduror) meriwayatkan bahwa wali lainnya yang telah meramalkan keberadaan dan keagungan Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. adalah Al-Wâli Al-Imâm Muhammad bin Ahmad Jamalullail, beliau berkata :
“Akan ada disini (‘Iynat ) salah seorang dari anak-anak kami yang akan termasyhur dengan keagungan dan kewalian, dan Qubahnya akan berada dan didirikan di kota ini”.
Wali lainnya yang telah mengisyaratkan keagungan beliau adalah guru beliau sendiri yaitu Sayyidina Al-Imâm Syahâbuddin Al-Akbar Ahmad bin Abdurrahman Ra., tatkala didatangi oleh ayahanda beliau yaitu Al-Imâm As-Sayyid Salim bin Abdullah Ra., yang bermaksud mengeluhkan kelambanan beliau dalam mempelajari ulumul Quran dalam usia remaja, karena pada masa itu anak-anak remaja di kota Tarim juga giat mempelajari ilmu-ilmu Al-Qur`an dalam usia yang sangat belia.
Al-Imâm Syahabudin Al-Akbar mengomentari keluhan ayahanda As-Syĕkh Al-Imâm Abû Bakar bin Sãlim Ra., beliau berkata:
“Biarkanlah anakmu dan tak usah engkau khawatirkan, sesungguhnya anakmu akan bisa dengan sendirinya dan kelak ia akan mempunyai keutamaan yang agung”
Kenyataanya beliau akhirnya mahir membaca Al-Quran dan tak lama kemudian beliaupun mengkhatamkan Al-Quran dengan ilmu-ilmunya (disiplin ulumul Quran), hanya selama 4 bulan.
Diriwayatkan juga ada seseorang yang telah mendatangi Sayyidina
Al-Imâm Syahâbuddin Al-Akbar Ahmad bin Abdurrahman Ra., dan ia bercerita :“Pada satu hari aku mendatangi Sayyidina Al-Imâm Syahâbuddin Al-Akbar Ahmad bin Abdurrahman Ra. dan beliau mewasiatkan kepadaku :
“Hendaklah engkau selalu dekat dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. , karena ia sebenarnya termasuk Wali besar di zaman ini, dan tidak ada seorangpun seperti dirinya dikalangan Al-Ba’alawi” Kemudian akupun pergi mencari As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., dikala itu beliau berada dizawiyah Masjid Ba’Isa di Lisk, yang mana pada saat itu adalah masa diawal suluk beliau, kemudian akupun mengucapkan salam atas beliau dan akupun kemudian selalu belajar dan bertanya kepadanya selama tiga hari berturut-turut”
Diriwayatkan dari Al-Faqih Muhammad Bajamal, yang berkata:
“Telah memberikan khabar kepadaku Al-Akh As-Sholeh Ahmad bin Umar Baziyad ia bercerita padaku :“Sekali waktu aku ingin meminta izin kepada As-Syekh Ma’ruf Bajamal untuk ziarah kepada Nabi Allah Hud As, lalu iapun memberikan izin kepadaku , akan tetapi yang membingungkan adalah beliau menitipkan salam untuk As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. padahal pada saat itu beliau belum termasyhur, dan akupun belum pernah berjumpa dengannya, As-Syekh Mla’ruf juga menitipkan pesan beliau bagi As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. :
“Bilamana nanti engkau bertemu dengannya sampaikan pesanku ini ; Sesungguhnya Maqôm ini harus jatuh pada dirimu (As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim) dan engkau adalah Qutb Shohibul Waqt” lalu akupun pergi untuk berziarah, dan ketika aku sampai, aku dapati As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. sedang berada di makam Nabi Allah Hud AS, kemudian akupun mengucapkan salam atas dirinya, lalu aku menyalaminya dan sebelum sempat aku berkata ia telah berkata mendahuluiku mengenai pesan As-Syekh Ma’ruf Bajamal”
Selain di-Isyaratkan oleh para Wali, Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra juga telah mengisyaratkan eksisistensi beliau kepada para Wali yang akan muncul sesudah beliau seperti yang telah dikatakan oleh Al-Imâm Al-Habib Abdurrahman bin Ahmad Aidid shohibul ahwal wal maqomat wal karamat khalifati lil adab :“
Sesungguhnya Al-Imâm As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. melihat kepadaku dengan pandangan yang tidak aku mengerti sesudah 14 tahun barulah aku faham dengan pandangan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. yang sedemikian rupa kepadaku. Karena berkata Sayyidina Al-Imâm Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad pada satu kesempatan di majlis beliau:` sesungguhnya diantara kita dan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. mempunyai hubungan dengan adanya Al-Akh Abdurrahman bin Ahmad Aidid, ia telah berjumpa dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. pada waktu usianya 7 tahun`.
Pada saat itu bertanya Sayyidina Ahmad bin Zein Al-Habsyi kepada Al-Imâm Al-Haddad: ` apakah cukup kita mengambil keberkahan kepada karamah Masyaikh dengan berkumpul saja tanpa membaca satu kitab-pun atas mereka?`. Al-Imâm Al-Haddad berkata : `Benar, dan hal tersebut cukup menimbulkan keberkahan dengan berkumpulnya seseorang di majlis waliyullah tersebut
Al-Imâm Ahmad bin Alwi Ra. berhenti ditempat tersebut dan beliau berkata kepada masyarakat yang hadir di waktu itu :“Akan lahir salah seorang anak kami yang akan mempunyai keagungan dan ia akan tinggal ditempat ini” Al-Imâm Ahmad bin Alwi Ra. selanjutnya berjalan berkeliling kota ‘Iynat sambil sesekali beliau menunjukkan tempat-tempat yang berkaitan kelak nantinya dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., beliau menunjukkan tempat yang akan dibangun Masjid oleh As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., dan beliau sempat Sholat disana, beliau juga menunjukkan tempat yang mana disana kelak akan dibangun rumah As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra.
Al-Imâm Al-Habib Ali Al-Habsyi Ra (Shohibussimthudduror) meriwayatkan bahwa wali lainnya yang telah meramalkan keberadaan dan keagungan Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. adalah Al-Wâli Al-Imâm Muhammad bin Ahmad Jamalullail, beliau berkata :
“Akan ada disini (‘Iynat ) salah seorang dari anak-anak kami yang akan termasyhur dengan keagungan dan kewalian, dan Qubahnya akan berada dan didirikan di kota ini”.
Wali lainnya yang telah mengisyaratkan keagungan beliau adalah guru beliau sendiri yaitu Sayyidina Al-Imâm Syahâbuddin Al-Akbar Ahmad bin Abdurrahman Ra., tatkala didatangi oleh ayahanda beliau yaitu Al-Imâm As-Sayyid Salim bin Abdullah Ra., yang bermaksud mengeluhkan kelambanan beliau dalam mempelajari ulumul Quran dalam usia remaja, karena pada masa itu anak-anak remaja di kota Tarim juga giat mempelajari ilmu-ilmu Al-Qur`an dalam usia yang sangat belia.
Al-Imâm Syahabudin Al-Akbar mengomentari keluhan ayahanda As-Syĕkh Al-Imâm Abû Bakar bin Sãlim Ra., beliau berkata:
“Biarkanlah anakmu dan tak usah engkau khawatirkan, sesungguhnya anakmu akan bisa dengan sendirinya dan kelak ia akan mempunyai keutamaan yang agung”
Kenyataanya beliau akhirnya mahir membaca Al-Quran dan tak lama kemudian beliaupun mengkhatamkan Al-Quran dengan ilmu-ilmunya (disiplin ulumul Quran), hanya selama 4 bulan.
Diriwayatkan juga ada seseorang yang telah mendatangi Sayyidina
Al-Imâm Syahâbuddin Al-Akbar Ahmad bin Abdurrahman Ra., dan ia bercerita :“Pada satu hari aku mendatangi Sayyidina Al-Imâm Syahâbuddin Al-Akbar Ahmad bin Abdurrahman Ra. dan beliau mewasiatkan kepadaku :
“Hendaklah engkau selalu dekat dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. , karena ia sebenarnya termasuk Wali besar di zaman ini, dan tidak ada seorangpun seperti dirinya dikalangan Al-Ba’alawi” Kemudian akupun pergi mencari As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra., dikala itu beliau berada dizawiyah Masjid Ba’Isa di Lisk, yang mana pada saat itu adalah masa diawal suluk beliau, kemudian akupun mengucapkan salam atas beliau dan akupun kemudian selalu belajar dan bertanya kepadanya selama tiga hari berturut-turut”
Diriwayatkan dari Al-Faqih Muhammad Bajamal, yang berkata:
“Telah memberikan khabar kepadaku Al-Akh As-Sholeh Ahmad bin Umar Baziyad ia bercerita padaku :“Sekali waktu aku ingin meminta izin kepada As-Syekh Ma’ruf Bajamal untuk ziarah kepada Nabi Allah Hud As, lalu iapun memberikan izin kepadaku , akan tetapi yang membingungkan adalah beliau menitipkan salam untuk As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. padahal pada saat itu beliau belum termasyhur, dan akupun belum pernah berjumpa dengannya, As-Syekh Mla’ruf juga menitipkan pesan beliau bagi As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. :
“Bilamana nanti engkau bertemu dengannya sampaikan pesanku ini ; Sesungguhnya Maqôm ini harus jatuh pada dirimu (As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim) dan engkau adalah Qutb Shohibul Waqt” lalu akupun pergi untuk berziarah, dan ketika aku sampai, aku dapati As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. sedang berada di makam Nabi Allah Hud AS, kemudian akupun mengucapkan salam atas dirinya, lalu aku menyalaminya dan sebelum sempat aku berkata ia telah berkata mendahuluiku mengenai pesan As-Syekh Ma’ruf Bajamal”
Selain di-Isyaratkan oleh para Wali, Sayyidina As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra juga telah mengisyaratkan eksisistensi beliau kepada para Wali yang akan muncul sesudah beliau seperti yang telah dikatakan oleh Al-Imâm Al-Habib Abdurrahman bin Ahmad Aidid shohibul ahwal wal maqomat wal karamat khalifati lil adab :“
Sesungguhnya Al-Imâm As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. melihat kepadaku dengan pandangan yang tidak aku mengerti sesudah 14 tahun barulah aku faham dengan pandangan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. yang sedemikian rupa kepadaku. Karena berkata Sayyidina Al-Imâm Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad pada satu kesempatan di majlis beliau:` sesungguhnya diantara kita dan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. mempunyai hubungan dengan adanya Al-Akh Abdurrahman bin Ahmad Aidid, ia telah berjumpa dengan As-Syĕkh Abû Bakar bin Sãlim Ra. pada waktu usianya 7 tahun`.
Pada saat itu bertanya Sayyidina Ahmad bin Zein Al-Habsyi kepada Al-Imâm Al-Haddad: ` apakah cukup kita mengambil keberkahan kepada karamah Masyaikh dengan berkumpul saja tanpa membaca satu kitab-pun atas mereka?`. Al-Imâm Al-Haddad berkata : `Benar, dan hal tersebut cukup menimbulkan keberkahan dengan berkumpulnya seseorang di majlis waliyullah tersebut
“Kamilah raja sejati, bukan yang lain. Demi Allah, selain kami, tak diketemukan raja lain. Kekuasaan pada raja hanyalah istilah belaka. Namun mereka bangga dan membuat kerusakan di dunia. Kemuliaan tanpa Allah adalah kehinaan sejati. Dan merasa mulia dengan Allah adalah kemuliaan yang hakiki.”
(Syeikh Abu Bakar bin Salim – Aurad al-Awliya’)
Syeikh
Abu Bakar bin Salim adalah syeikh Islam dan teladan manusia. Pemimpin
alim ulama. Hiasan para wali. Seorang yang amat jarang ditemukan di
zamannya. Da’i yang menunjukkan jalan Illahi dengan wataknya.
Pembimbing kepada kebenaran dengan perkataannya. Para ulama di
zamannya mengakui keunggulannya. Beliau telah menyegarkan berbagai
warisan pendahulu-pendahulunya yang sholeh. Titisan dari Hadrat Nabawi.
Cabang dari pohon besar Alawi. Alim Rabbani. Imam kebanggaan Agama, Abu
Bakar bin Salim Al-’Alawi, semoga Allah meredhainya.
Beliau lahir di Kota Tarim yang makmur, salah satu kota di Hadramaut,
pada tanggal 13 Jumadi Ats-Tsani, tahun 919 H. Di kota itu, beliau
tumbuh dengan pertumbuhan yang sholeh, di bawah tradisi nenek moyangnya
yang suci dalam menghafal Al-Quran.
Orang-orang terpercaya telah mengisahkan; manakala beliau mendapat
kesulitan menghafal Al-Quran pada awalnya. Ayahnya mengadukan halnya
kepada Syeikh Al-Imam Syihabuddin bin Abdurrahman bin Syeikh Ali. Maka
Syeikh itu bertutur: “Biarkanlah dia! Dia akan mampu menghafal dengan
sendirinya dan kelak dia akan menjadi orang besar. Maka menjadilah dia
seperti yang telah diucapkan Syeikh itu. Serta-merta, dalam waktu
singkat, dia telah mengkhatamkan Al-Quran.
Kemudian beliau disibukkan dengan menuntut ilmu-ilmu bahasa Arab dan
agama dari para pembesar ulama dengan semangat yang kuat, kejernihan
batin dan ketulusan niat. Bersamaan dengan itu, beliau memiliki semangat
yang menyala dan ruh yang bergelora. Maka tampaklah tanda-tanda
keluhurannya, bukti-bukti kecerdasannya dan ciri-ciri kepimpinannya.
Sejak itu, sebagaimana diberitakan Asy-Syilly dalam kitab Al-Masyra’
Ar-Rawy, beliau membolak-balik kitab-kitab tentang bahasa Arab dan agama
dan bersungguh-sungguh dalam mengkajinya serta menghafal pokok-pokok
dan cabang-cabang kedua disiplin tersebut. Sampai akhirnya, beliau
mendapat langkah yang luas dalam segala ilmu pengetahuan.
Beliau telah menggabungkan pemahaman, peneguhan, penghafalan dan
pendalaman. Beliau alim handal dalam ilmu-ilmu Syariat, mahir dalam
sastra Arab dan pandai serta kokoh dalam segenap bidang pengetahuan.
Dalam semua bidang tersebut, beliau telah menampakkan kecerdasannya yang
nyata. Maka, menonjollah karya-karyanya dalam mengajak dan membimbing
hamba-hamba Allah menuju jalan-Nya yang lurus.
Guru-guru beliau.
Para guru beliau antara lain; Umar Basyeban Ba’alawi, ahli fiqih yang
sholeh, Abdullah bin Muhammad Basahal Bagusyair dan Faqih Umar bin
Abdullah Bamakhramah. Pada merekalah dia mengkaji kitab Ar-Risalah
Al-Qusyairiyyah. Syeikh Ma’ruf bin Abdullah Bajamal Asy-Syibamy dan
Ad-Dau’any juga termasuk guru-guru beliau.
Hijrahnya dari Tarim.
Beliau beranjak dari Kota Tarim ke kota lain bertujuan untuk
menghidupkan pengajian. memperbarui corak dan menggalakkan dakwah
Islamiyah di jantung kota tersebut. Maka berangkatlah beliau ke kota
‘Inat, salah satu negeri Hadramaut. Beliau menjadikan kota itu sebagai
kota hijrahnya. Kota itu beliau hidupkan dengan ilmu dan dipilihnya
sebagai tempat pendidikan, pengajaran dan pembimbingan. Tinggallah di
sana hingga kini, masjid yang beliau dirikan dan pemakaman beliau yang
luas. Syahdan, berbondong-bondonglah manusia berdatangan dari berbagai
pelosok negeri untuk menimba ilmunya. Murid-murid beliau mengunjunginya
dari beragam tempat: Hadramaut, Yaman, Syam, India, Indus, Mesir,
Afrika, Aden, Syihr dan Misyqash.
Para murid selalu mendekati beliau untuk mengambil kesempatan merasai
gambaran kemuliaan dan menyerap limpahan ilmunya. Dengan merekalah
pula, kota ‘Inat yang kuno menjadi berkembang ramai. Kota itu pun
berbangga dengan Syeikh Imam Abu Bakar bin Salim Al-’Alawi. Karena
berkat kehadiran beliaulah kota tersebut terkenal dan tersohor, padahal
sebelumnya adalah kota yang terlupakan.
Tentang hal itu, Muhammad bin Ali bin Ja’far Al-Katsiry bersyair:
Ketika kau datangi ‘Inat, tanahnya pun bedendang
Dari permukaannya yang indah terpancarlah makrifat
Dahimu kau letakkan ke tanah menghadap kiblat
Puji syukur bagi yang membuatmu mencium tanah liatnya
Kota yang di dalamnya diletakkan kesempurnaan
Kota yang mendapat karunia besar dari warganya
Dengan khidmat, masuklah sang Syeikh merendahkan diri
Duhai, kota itu telah terpenuhi harapannya.
Akhlak dan kemuliaannya
Beliau adalah seorang dermawan dan murah hati, menginfakkan hartanya
tanpa takut menjadi fakir. Beliau memotong satu dua ekor unta untuk para
peziarahnya, jika jumlah mereka banyak. Dan betapa banyak tamu yang
mengunjungi ke pemukimannya yang luas.
Beliau amat mempedulikan para tamu dan memperhatikan keadaan mereka.
Tidak kurang dari 1000 kerat roti tiap malam dan siangnya beliau
sedekahkan untuk fuqara’. Kendati beliau orang yang paling ringan
tangannya dan paling banyak infaknya, beliau tetap orang yang paling
luhur budi pekertinya, paling lapang dadanya, paling sosial jiwanya dan
paling rendah hatinya. Sampai-sampai orang banyak tidak pernah
menyaksikannya beristirahat.
Syeikh ahli fiqih, Abdurrahman bin Ahmad Bawazir pernah berkata:
“Syeikh Abu Bakar selama 15 tahun dari akhir umurnya tidak pernah
terlihat duduk-duduk bersama orang-orang dekatnya dan orang-orang awam
lainnya kecuali untuk menanti didirikannya sholat lima waktu (yaitu
duduk seperti tahiyat akhir).”.
Syeikh sangat mengasihani orang-orang lemah dan berkhidmat kepada
orang-orang yang menderita kesusahan. Beliau memperlihatkan dan
menyenangkan perasaan mereka dan memenuhi hak-hak mereka dengan baik.
Diantara sekian banyak akhlaknya yang mulia itu adalah kuatnya
kecintaan, rasa penghormatan dan kemasyhuran nama baiknya di kalangan
rakyat. Selain murid-murid dan siswa-siswanya, banyak sekali orang
berkunjung untuk menemuinya dari berbagai tempat; baik dari Barat
ataupun Timur, dari Syam maupu Yaman, dari orang Arab maupun non-Arab.
Mereka semua menghormati dan membanggakan beliau.
Ibadah dan pendidikannya
Seringkali beliau melakukan ibadah dan riyadhah. Sehingga suatu
ketika beliau tidak henti-hentinya berpuasa selama beberapa waktu dan
hanya berbuka dengan kurma muda berwarna hijau dari Jahmiyyah di kota
Lisk yang diwariskan oleh ayahnya. Di abnar, beliau berpuasa selama 90
hari dan selalu sholat Subuh dengan air wudhu Isya’ di Masjid Ba’isa di
Kota Lask. Dalam pada itu, setiap malamnya di berangkat berziarah ke
makam di Tarim dan sholat di masjid-masjid kota itu. Di masjid Ba’isa
tersebut, beliau selalu sholat berjamaah. Menjelang wafat, beliau tidak
pernah meningalkan sholat Dhuha dan witr.
Beliau selalu membaca wirid-wirid thoriqoh. Beliau pribadi mempunyai
beberapa doa dan sholawat. Ada sebuah amalan wirid besar miliknya yang
disebut “Hizb al-Hamd wa Al-Majd” yang dia diktekan kepada muridnya
sebelum fajar tiba di sebuah masjid. Itu adalah karya terakhir yang
disampaikan ke muridnya, Allamah Faqih Syeikh Muhammad bin Abdurrahman
Bawazir pada tanggal 8 bulan Muharram tahun 992 H.
Ziarah ke makam Nabi Allah Hud a.s adalah kelazimannya yang lain.
Sehingga Al-Faqih Muhammad bin Sirajuddin mengabarkan bahawa ziarah
beliau mencapai 40 kali.
Setiap malam sepanjang 40 tahun, beliau beranjak dari Lask ke Tarim
untuk sholat di masjid-masjid kedua kota tersebut sambil membawa
beberapa tempat minum untuk wudhu, minum orang dan hewan yang berada di
sekitar situ.
Ada banyak pengajaran dan kegiatan ilmiah yang beliau lakukan. Beliau
membaca kitab Al-Ihya’ karya Al-Ghazzali sebanyak 40 kali. Beliau juga
membaca kitab Al-Minhaj-nya Imam Nawawi dalam fiqih Syafi’i sebanyak
tiga kali secara kritis. Kitab Al-Minhaj adalah satu-satunya buku
pegangannya dalam fiqih. Kemudian dia juga membaca Ar-Risalah
Al-Qusyairiyyah di depan gurunya, Syaikh Umar bin Abdullah Bamakhramah.
Karya-karyanya
Antara lain:
- Miftah As-sara’ir wa kanz Adz-Dzakha’ir. Kitab ini beliau tulis sebelum usianya melampaui 17 tahun.
- Mi’raj Al-Arwah membahas ilmu hakikat. Beliau memulai menulis buku ini pada tahun 987 H dan menyelesaikannya pada tahun 989 H.
- Fath Bab Al-Mawahib yang juga mendiskusikan masalah-masalah ilmu
hakikat. Dia memulainya di bulan Syawwal tahun 991 H dan dirampungkan
dalam tahun yang sama tangal 9 bulan Dzul-Hijjah.
- Ma’arij At-Tawhid
- Dan sebuah diwan yang berisi pengalaman pada awal mula perjalanan spiritualnya.
Kata Mutiara dan Untaian Hikmah
Beliau memiliki banyak kata mutiara dan untaian hikmah yang terkenal, antara lain:
Pertama:
Paling bernilainya saat-saat dalam hidup adalah ketika kamu tidak lagi
menemukan dirimu. Sebaliknya adalah ketika kamu masih menemukan dirimu.
Ketahuilah wahai hamba Allah, bahwa engkau takkan mencapai Allah sampai
kau fanakan dirimu dan kau hapuskan inderamu. Barang siapa yang mengenal
dirinya (dalam keadaan tak memiliki apa pun juga), tidak akan melihat
kecuali Allah; dan barang siapa tidak mengenal dirinya (sebagai tidak
memiliki suatu apapun) maka tidak akan melihat Allah. Karena segala
tempat hanya untuk mengalirkan apa yang di dalamnya.
Kedua:
Ungkapan beliau untuk menyuruh orang bergiat dan tidak menyia-nyiakan
waktu: “Siapa yang tidak gigih di awal (bidayat) tidak akan sampai garis
akhir (nihayat). Dan orang yang tidak bersungguh-sungguh (mujahadat),
takkan mencapai kebenaran (musyahadat). Allah SWT berfirman:
“Barangsiapa yang berjuang di jalan Kami, maka akan Kami tunjukkan
kepadanya jalan-jalan Kami”. Siapa pun yang tidak menghemat dan menjaga
awqat (waktu-waktu) tidak akan selamat dari berbagia afat (malapetaka).
Orang-orang yang telah melakukan kesalahan, maka layak mendapat siksaan.
Ketiga:
Tentang persahabatan: “Siapa yang bergaul bersama orang baik-baik, dia
layak mendapatkan makrifat dan rahasia (sirr). Dan mereka yang bergaul
dengan para pendosa dan orang bejat, akan berhak mendapat hina dan api
neraka”.
Keempat:
Penafsirannya atas sabda Rasul s.a.w: “Aku tidaklah seperti kalian. Aku
selalu dalam naungan Tuhanku yang memberiku makan dan minum”. Makanan
dan minuman itu, menurutnya, bersifat spiritual yang datang datang dari
haribaan Yang Maha Suci”.
Kelima:
Engkau tidak akan mendapatkan berbagai hakikat, jika kamu belum
meninggalkan benda-benda yang kau cintai (’Ala’iq). Orang yang rela
dengan pemberian Allah (qana’ah), akan mendapt ketenteraman dan
keselamatan. Sebaliknya, orang yang tamak, akan menjadi hina dan
menyesal. Orang arif adalah orang yang memandang aib-aib dirinya.
Sedangkan orang lalai adalah orang yang menyoroti aib-aib orang lain.
Banyaklah diam maka kamu akan selamat. Orang yang banyak bicara akan
banyak menyesal.
Keenam:
Benamkanlah wujudmu dalam Wujud-Nya. Hapuskanlah penglihatanmu, (dan
gunakanlah) Penglihatan-Nya. Setelah semua itu, bersiaplah mendapat
janji-Nya. Ambillah dari ilmu apa yang berguna, manakala engkau
mendengarkanku. Resapilah, maka kamu akan meliht ucapan-ucapanku dlam
keadaan terang-benderang. Insya-Allah….! Mengertilah bahawa Tuhan itu
tertampakkan dalam kalbu para wali-Nya yang arif. Itu karena mereka
lenyap dari selain-Nya, raib dari pandangan alam-raya
melaluiKebenderangan-Nya. Di pagi dan sore hari, mereka menjadi
orang-orang yang taat dalam suluk, takut dan berharap, ruku’ dan sujud,
riang dan digembirakan (dengan berita gembira), dan rela akan qadha’ dan
qadar-Nya. Mereka tidak berikhtiar untuk mendapat sesuatu kecuali
apa-apa yang telah ditetapkan Tuhan untuk mereka”.
Ketujuh:
Orang yang bahagia adalah orang yang dibahagiakan Allah tanpa sebab
(sebab efesien yang terdekat, melainkan murni anugerah fadhl dari
Allah). Ini dalam bahasa Hakikat. Adapun dalam bahasa Syari’at, orang
bahagia adalah orang yang Allah bahagiakan mereka dengan amal-amal
saleh. Sedang orang yang celaka, adalah orang yang Allah celakakan
mereka dengan meninggalkan amal-amal saleh serta merusak Syariat – kami
berharap ampunan dan pengampunan dari Allah.
Kelapan:
Orang celaka adalah yang mengikuti diri dan hawa nafsunya. Dan orang
yang bahagia adalah orang yang menentang diri dan hawa nafsunya, minggat
dri bumi menuju Tuhannya, dan selalu menjalankan sunnah-sunnah Nabi
s.a.w.
Kesembilan:
Rendah-hatilah dan jangan bersikap congkak dan angkuh.
Kesepuluh:
Kemenanganmu teletak pada pengekangan diri dan sebaliknya kehancuranmu
teletak pada pengumbaran diri. Kekanglah dia dan jangan kau umbar, maka
engkau pasti akn menang (dalam melawan diri) dan selamat, Insya-Allah.
Orang bijak adalah orang yang mengenal dirinya sedangkan orang jahil
adalah orang yang tidak mengenal dirinya. Betapa mudah bagi para ‘arif
billah untuk membimbing orang jahil. Karena, kebahagiaan abadi dapt
diperoleh dengan selayang pandang. Demikian pula tirai-tirai hakikat
menyelubungi hati dengan hanya sekali memandang selain-Nya. Padahal
Hakikat itu juga jelas tidak erhalang sehelai hijab pun. Relakan dirimu
dengan apa yang telah Allah tetapkan padamu. Sebagian orang berkata: “40
tahun lamanya Allah menetapkan sesuatu pada diriku yang kemudian aku
membencinya”.
Kesebelas:
Semoga Allah memberimu taufik atas apa yang Dia ingini dan redhai.
Tetapkanlah berserah diri kepada Allah. Teguhlah dalam menjalankan
tatacara mengikut apa yang dilarang dan diperintahkan Rasul s.a.w.
Berbaik prasangkalah kepada hamba-hamba Allah. Karena prasangka buruk
itu bererti tiada taufik. Teruslah rela dengan qadha’ walaupun musibah
besar menimpamu. Tanamkanlah kesabaran yang indah (Ash-Shabr Al-Jamil)
dalam dirimu. Allah berfirman: “Sesungguhnya Allah mengganjar
orang-orang yang sabar itu tanpa perhitungan. Tinggalkanlah apa yang
tidak menyangkut dirimu dan perketatlah penjagaan terhadap dirimu”.
Keduabelas:
Dunia ini putra akhirat. Oleh karena itu, siapa yang telah menikahi (dunia), haramlah atasnya si ibu (akhirat).
Masih banyak lagi ucapan beliau r.a. yang lain yang sangat bernilai.
Manaqib (biografi) beliau
Banyak sekali buku-buku yang ditulis mengenai biorafi beliau yang ditulis para alim besar. Antara lain:
- Bulugh Azh-Zhafr wa Al-Maghanim fi Manaqib Asy-Syaikh Abi Bakr bin Salim karya Allamah Syeikh Muhammad bin Sirajuddin.
- Az-Zuhr Al-Basim fi Raba Al-Jannat; fi Manaqib Abi Bakr bin Salim
Shahib ‘Inat oleh Allamah Syeikh Abdullah bin Abi Bakr bin Ahmad
Basya’eib.
- Sayyid al-Musnad pemuka agama yang masyhur, Salim bin Ahmad bin
Jindan Al-’Alawy mengemukakan bahawa dia memiliki beberapa manuskrip
(naskah yang masih berbentuk tulisan tangan) tentang Syeikh Abu Bakar
bin Salim. Di antaranya; Bughyatu Ahl Al-Inshaf bin Manaqib Asy-Syeikh
Abi Bakr bin Salim bin Abdullah As-Saqqaf karya Allamah Muhammad bin
Umar bin Shalih bin Abdurraman Baraja’ Al-Khatib.
Tidak ada komentar:
Komentar baru tidak diizinkan.